Bersyukurlah

Bagikan artikel ini :

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَا تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ, فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ

(رواه الشيخان)

Artinya:
“Berkata Rosulullah SAW: “Pandanglah kepada orang yang lebih rendah darimu dan janganlah memandang kepada orang yang ada diatasmu agar kamu tidak memandang kecil ni’mat Allah terhadapmu”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Rosulullah mengajarkan kepada kita, bahwa sedikit atau benyaknya harta itu tidak dijadikan persoalan seseorang untuk mensyukuri ni’mat Allah. Ketika kita diberi ni’mat oleh Allah, wajib bagi kia untuk mensyukurinya sekali pun itu sedikit.
Solusinya ialah lihat orang-orang sekitar kita yang ni’mat hartanya lebih rendah dengan kita, agar kita selalu dapat mensyukuri ni’mat yang datang. cara mensyukurinya yaitu dengan memberikan bantuan terhadap orang-orang yang kekurangan. Namun jika kita sering melihat keatas dalam artian selalu ingin mendapatkan ni’mat seesorang yang ni’matnya lebih besar dari kita, maka kita akan merasa kekurangan terhada ni’mat yang telah Allah berikan. Untuk apa kekayaan jika kita masih merasa kekurangan, lebih baik kita miskin namun merasa berkecukupan.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(QS.Ibrahim :7)

Penulis : Ustadz A. Muslim Nurdin, S.Pd (Mudir Pesantren MAQI)

 

Facebook Comments

Pesantren MAQI

Lembaga Bahasa Arab dan Studi Islam

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisment ad adsense adlogger