Jalan Pintas Buat Perempuan (Istri) Masuk Syurga dari Semua Pintu

Bagikan artikel ini :

 

Kedudukan wanita dalam Alquran merupakan suatu peningkatan nyata dari keadaan di Arabia pra-Islam. Kaum wanita kini dapat mempertahankan dan membuat keputusan sendiri mengenai kekayaan yang mereka bawa serta atau yang mereka kumpulkan selama perkawinan mereka dan kini pun diizinkan, untuk pertama kalinya menerima warisan.

disamping banyaknya keistimewaan yang Allah berikan, tersimpan pula berbagai ujian berat yang harus dijalankan oleh para wanita, diantaranya wanita harus merasakan derita saat menjalani kehamilan, sakitnya melahirkan, letihnya mengurus rumah serta mendidik anak. Hingga akhirnya Allah memberikan kabar gembira bagi para wanita, melalui sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam :

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ

“Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi no. 1161 dan Ibnu Majah no. 1854. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Begitu pula ada hadits dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Maka dari hadis ini dapat di simpulkan bahwa perempuan (seorang) bisa masuk syurga dari semua pintu hanya dengan menjaga 4 perkara sampai ajal menjemputnya, yaitu :

  • Menjaga Salat Lima Waktu

Amalan pertama yang bisa membuat wanita masuk surga dari pintu mana saja adalah salat. Seperti yang kita ketahui, salat merupakan bagian dari rukun islam. Salat jugalah yang kelak menjadi amal pertama yang akan dihisab.

“Amal yang akan dihisab pertama kali dari seorang hamba pada hari kiamat adalah salat. Jika baik salatnya, baik pula seluruh amalnya. Jika buruk salatnya, buruk pula seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

  • Berpuasa di Bulan Ramadhan

Seperti yang kita ketahui, puasa Ramadhan hukumnya wajib untuk dilaksanakan, kecuali bagi wanita yang sedang haid dan nifas. Selain itu juga ada keringanan bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui. Puasa Ramadhan merupakan amalan penting yang memiliki banyak hikmah dan keutamaan, diantaranya agar kita bisa mencapai derajat takwa.

  • Menjaga Kehormatannya

Sebelum datang Islam, seluruh manusia memandang hina kaum wanita. Orang-orang Yunani menganggap wanita sebagai sarana kesenangan belaka. Orang-orang Romawi memberikan hak atas seorang ayah atau suami untuk menjual anak perempuan atau istrinya.

seperti sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Aku wasiatkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada para wanita.” (HR Muslim: 3729)

  • Taat Kepada Suami

Sebagai seorang istri, kita diperintahkan untuk taat kepada suami dalam berbagai hal selama tidak bertentangan dengan syariat. Bahkan, setelah ijab kabul terucap, suamilah yang harus lebih dahulu ditaati dan dipenuhi hak-haknya dibandingkan kedua orang tua kita.

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi no. 1161 dan Ibnu Majah no. 1854)

Penulis : Ustadz Faisal Alhabsyi (Bidang Kurikulum dan Akademik Pesantren MAQI)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger