Kunci Keyakinan Orang-Orang Sukses

Bagikan artikel ini :

 

Keyakinan dalam pengertian bahasa adalah pembenaran hati terhadap sesuatu, baik bersifat relatif maupun realita. Adapun arti keyakinan dalam kaca mata islam sering disebut dengan kata iman, yaitu pengakuan yang melahirkan sikap  menerima dan tunduk dalam bentuk ucapan maupun perbuatan (syeikh utsaimin).
Namun pengertian keyakinan secara umum adalah suatu sikap yang ditunjukkan seseorang saat dia telah memiliki ilmu pengetahuan dan mengambil kesimpulan bahwa dirinya telah berada dalam kebenaran.

Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan tidak selalu dikatakan benar atau keyakinan semata tidak dapat menjadi jaminan suatu kebenaran. Contoh: pada suatu masa, manusia pernah meyakini bahwa bumi merupakan pusat tata surya dan bumi itu merupakan suatu dataran yang memiliki batas akhir, lalu kemudian keyakinan tersebut disadari sebagai keyakinan keliru disaat ilmu pengertian berkembang pesat.

kemudian perlu kita ketahui bahwa keyakinan sangat berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan, agama, dan moralitas. Karena pada dasarnya seorang manusia tak mungkin bisa dikatakan berpengetahuan disaat dia ragu akan hal yang ia pelajari.

Dalam kehidupan manusia, “keyakinan adalah modal utama” khususnya seorang muslim, yang harus tertanam dalam diri untuk bisa mencapai keberhasilan dan kesuksesan di dunia dan akhirat. Dan tentunya “kunci keyakinan” tersebut tidak akan didapatkan tanpa ada panduan dan petunjuk dari Sang Pencipta.

Nah, dari sini saya akan memberikan KUNCI PENTING yang harus anda ketahui khusus bagi anda yang ingin mendapatkan kesuksesan di dunia maupun diakhirat.

Apakah itu ?

Pertama, kembali kepada Al-qur’an.

Al-quran merupakan risalah ilahi yang diturunkan kepada manusia demi tercapainya kesuksesan seorang makhluq dalam menjalani kehidupan didunia.

Setiap pesan yang terkandung didalam kitab al quran memiliki tingkat kepastian 100% tanpa ada nilai keraguan sedikitpun didalamnya secara mutlak.

Karena sang Pencipta manusia, mengetahui setiap hal yang dibutuhkan oleh makhluqNya, sebagaimana seorang mekanik pembuat robot tahu akan kebutuhan robot tersebut, maka dari itu dia menyiapkan segala halnya agar robot tersebut tidak rusak dan berjalan dengan baik.

Nah, hal ini sudah dinyatakan oleh Allah dalam Alquran, yuk kita simak..

“Alif Lam Mim, Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, dan mereka yang beriman kepada (Alquran) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat” Al-Baqarah: 1-4.

Sampai disini fahamkan ?

 

Kedua, Mengamalkan hadits Nabi Muhammad SAW sesuai tuntunan para ulama.

Langkah kedua ini merupakan hal yang tak mungkin ditinggalkan setelah seseorang mempelajari al quran, tentunya karena hadits merupakan penjelas dan penerang bagi setiap ajaran yang terdapat dalam Al quran, sebagai mana al quran diturunkan kepada umat manusia, Allah pula mengutus nabi Nya untuk mengimplementasikan setiap pesan yang terkandung didalamnya.

Kedua “Kunci Keyakinan” diatas adalah kunci terbesar bagi seseorang untuk mendapat kesuksesan didunia, apapun jenis profesi dan jabatan yang ia inginkan selama berpegang teguh pada keduanya sudah dijamin kesuksesannya oleh rosulullah, “Aku tinggalkan dua (kunci) perkara, kamu tidak akan tersesat selamanya selama kamu berpegang tegung (yakin) dengan kedua-duanya, kitab Allah (Alquran) dan Sunahku.” (HR. Al-Hakim)

Akan tetapi, keyakinan setiap memiliki tingkatan yang berbeda-beda, dan setiap tingkatan akan mempengaruhi nilai dia dimata Allah.

Pertanyaannya, sejauh mana tingkat keyakinan anda terhadap dua kunci diatas saat ini ?

Pertanyaan ini sangatlah penting untuk anda jawab, agar anda dapat menumbuhkan keyakinan yang kuat untuk menjalaninya, jika anda tahu sejauh mana tingkat anda sekarang, mulailah untuk berbenah diri dan menyusun kegiatan/strategi demi menggapai kesuksesan di dunia maupun di akhirat.

Penulis : Ustadz A. Muslim Nurdin, S.Pd (Mudir Pesantren MAQI)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger