Konsep ‘Abd dan ‘Ibad dalam Tujuan Pendidikan Agama Islam

Bagikan artikel ini :

Menurut Abuddin Nata, dalam bahasa Arab, pendidikan disebut dengan istilah ta’lim, tarbiyah dan ta’dib. Ta’lim mengesankan proses pemberian bekal pengetahuan, tarbiyah mengandung pengertian proses pembinaan dan pengarahan bagi pembentukan kepribadian dan sikap mental, sedangkan ta ‘dib mengandung arti proses pembinaan terhadap sikap moral dan estetika dalam kehidupan yang lebih mengacu pada peningkatan martabat manusia.(Abuddin Nata, 2005:9)

Pendidikan akan sukses jika mengetahui tujuan dari Pendidikan karena tujuan dapat menentukan setiap gerak, langkah dan aktivitas dalam pendidikan. Penetapan tujuan Pendidikan berarti penentuan arah yang akan dituju dan sasaran yang hendak dicapai melalui proses pendidikan..

Adapun tujuan pendidikan Islam menurut Hamka adalah mengenal dan mencari keridhaan Allah, membangun budi pekerti untuk berakhlak mulia, serta  mempersiapkan peserta didik untuk hidup layak dan berguna ditengah-tengah komunitas sosialnya.(Hamka, 1997:2)

Bila dilihat, tujuan pendidikan menurut Hamka ini sesuai konsep ‘ibad dalam firman Allah  di surah Al-Furqan ayat 63 dan Surah Az-Zukhruf ayat 19 yang lebih spesifik dengan  ‘Ibadur Rahman,

وَعِبَادُ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمۡشُونَ عَلَى ٱلۡأَرۡضِ هَوۡنٗا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلۡجَٰهِلُونَ قَالُواْ سَلَٰمٗا

Artinya: “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan”.( Q.S Al-Furqan : 63)

وَجَعَلُوا الْمَلَائِكَةَ الَّذِينَ هُمْ عِبَادُ الرَّحْمَٰنِ إِنَاثًا ۚ أَشَهِدُوا خَلْقَهُمْ ۚ سَتُكْتَبُ شَهَادَتُهُمْ وَيُسْأَلُونَ

Artinya:”Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan malaika-malaikat itu? Kelak akan dituliskan persaksian mereka dan mereka akan dimintai pertanggung-jawaban”. (Surah Az-Zukhruf :19)

Dari dua ayat tersebut dapat kita pahami bahwa karakter ‘abd atau ‘ibad Allah itu adalah hamba-hamba memiliki sipat-sipat mulia dan ta’at terhadap Allah baik menjalankan perintah allah dan menjauhi larangan Allah sebagaimana Malaikat dikatakan ‘ibad ar-rahman karena malaikat selalu ta’at dan tidak bermaksiyat kepada allah.

Tujuan dari Pendidikan Islam akan terealisasi dengan baik jika yang menjalankan pendidikannya adalah ‘abd atau ‘ibad Allah karena ‘ibad allah memiliki karakter yang mulia maka sangat memungkinkan untuk mencetak generasi-generasi yang berkarakter mulia guna mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Penulis: Paisal Ahmad Akbar (Web Administrator)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger