Kita Adalah Makhluq

Bagikan artikel ini :

أَلَمۡ تَرَ إِلَى ٱلَّذِي حَآجَّ إِبۡرَٰهِـۧمَ فِي رَبِّهِۦٓ أَنۡ ءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ٱلۡمُلۡكَ إِذۡ قَالَ إِبۡرَٰهِـۧمُ رَبِّيَ ٱلَّذِي يُحۡيِۦ وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا۠ أُحۡيِۦ وَأُمِيتُۖ قَالَ إِبۡرَٰهِـۧمُ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَأۡتِي بِٱلشَّمۡسِ مِنَ ٱلۡمَشۡرِقِ فَأۡتِ بِهَا مِنَ ٱلۡمَغۡرِبِ فَبُهِتَ ٱلَّذِي كَفَرَۗ وَٱللَّهُ لَا يَهۡدِي ٱلۡقَوۡمَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Tidakkah kamu memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim mengenai Tuhannya, karena Allah telah memberinya kerajaan (kekuasaan). Ketika Ibrahim berkata, “Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan,” dia berkata, “Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan.” Ibrahim berkata, “Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah ia dari barat.” Maka bingunglah orang yang kafir itu. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang zhalim. (QS Al-Baqarah : 258)

Sunnatullah. Matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat. Tidak ada satupun yang bisa memindahkannya, jadi terbit di utara atau selatan misalnya. Demikian juga memutarnya, terbit dari barat kemudian tenggelam di timur. Kecuali Allah. Dialah satu²nya yang mampu memindahkan atau memutar arah terbit dan tenggelamnya.

Inilah tantangan Ibrahim (‘alaihis Salam) yang tidak bisa dijawab Raja lalim saat itu, Namrud. Ketika Khalilullah betkata: “sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, MAKA TERBITKANLAH ia dari barat.” Maka bingunglah orang yang kafir itu. -Al-Baqarah:2:258-.

Bukankah setiap hari melihat matahari? Apakah setiap hari pula keimanan kita bertambah? Ketundukan kita bertambah? Ya. Sepantasnya Kita menyadari betapa diri kita ini lemah, Kita adalah makhluq yg jangankan memindahkan arah terbit matahari, bahkan menahan matahari itu terbenam walau Hanya satu menit saja Kita tidak mampu.

Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah dan bimbinganNya pada kita. Amin

Penulis : Ustadz Asep Deni Hermawan, S.Sos.I (Mudir Pondok Pesantren Baiturrahman Ciparay)

Facebook Comments

Pesantren MAQI

Lembaga Bahasa Arab dan Studi Islam

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger