Segi Kemukjizatan Al-Quran

Bagikan artikel ini :

Para ulama sepakat bahwa Al-Quran itu sendiri merupakan mukjizat yang agung karena tidak ada seorangpun yang mampu menciptkan yang serupa dengan Al-Quran walaupun satu ayat. Walaupun demikian, para ulama berbeda pendapat mengenai segi kemukjizatan yang terkandung dalam Al-Quran itu sendiri. Antara lain dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Sebagian ulama ada yang berpandangan bahwa kemukjizatan Al-Quran itu terletak pada segi nadzam (rangkaian)nya yang asing dan sama sekali berbeda dengan rangkaian orang-orang arab atau prosa mereka.
  • Sebagian lain ada yang berpendapat bahwa segi kemukjizatan Al-Quran adalah kefasihan lafal-lafalnya, realitas atas ibarat-ibaratnya, serta keindahan yang sempurna sehingga Al-Quran tidak akan pernah ada bandingannya.
  • Ada pula yang berpendapat bahwa kemukjizatan yang terkandung dalam Al-Quran itu terletak pada ketidak adaanya pertentangan dan memuat makna-makna yang dalam.
  • Selain daripada itu, adapula yang berpandangan bahwa segi kemukjizatan Al-Quran adalah memuat kelebihan-kelebihan yang nyata dan keajaiban-keajaiban yang suci. Hal demikian ditunjukan pada tiga hal berikut:
  1. Kefasihan lafal-lafalnya
  2. Kematangan makna-maknanya
  3. Bentuk aturan yang sangat indah dan memikat

Semuat pendapat tersebut tidak keluar dari orientasi yang sama yaitu orientasi bayaniyyah  yang merupakan keistimewaan Al-Quran. sebenarnya kemukjizatan Al-Quran bukan hanya sekedar dari segi fashahah dan balaghahnya saja, tetapi didalam Al-Quran terdapat segi lain dari kemukjizatan yang terkandung di dalamnya.

Penulis : Ustadz Wildan Risalat (Bidang Kesantrian Pesantren MAQI)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger