Taukid
Taukid ( التَّوْكِيْدُ )
هو التابع المقوي لمتبوعه
Taukid adalah kalimah yang termasuk tabi’, yang menguatkan makna matbu’ nya. Taukid di bagi menjadi dua:
- Taukid lafdziy ( التَّوْكِيْدُ اللَّفْظِيُّ )
Taukid lafdzi berntuknya adalah pengulangan dari muakkad ( lafadz yang akan di kuatkan ) , seperti :
Taukid lafdzi untuk isim | : | الكِتَابُ الكِتَابُ مُفِيْدٌ |
Taukid lafdzi untuk fi’il | : | نَجَحَ نَجَحَ زَيْدٌ |
Taukid lafdzi untuk huruf | : | لَا لَا أُحِبُّ الكَاذِبِيْنَ |
Taukid lafdzi untuk dhomir | : | أَنْتَ أَنْتَ مُعَلِّمٌ |
Taukid lafdzi untuk jumlah | : | جَاءَ الرَّئِيْسُ جَاءَ الرَّئِيْسُ |
Contoh i’rob nya :
الكتاب : مبتدأ مرفوع و علامة رفعه الضمة لأنه اسم المفرد
الكتاب : توكيد لفظي مرفوع و علامة رفعه الضمة لأنه اسم المفرد مفيد : خبر مرفوع و علامة رفعه الضمة لأنه اسم المفرد |
الكِتَابُ الكِتَابُ مُفِيْدٌ |
- Taukid ma’nawiy ( التَّوْكِيْدُ المَعْنَوِيُّ )
Yaitu taukid dengan menggunakan lafadz – lafadz tertentu yaitu :
الترجمة | المثال | لفظ التوكيد |
pemimpin itu dirinya hadir | حَضَرَ الأَمِيْرُ نَفْسُهُ | نَفْسُ |
Suami itu dirinya hadir | جَاءَ الزَّوْجُ عَيْنُهُ | عَيْنُ |
Aku ucapkan salam kepada para guru semuanya | سَلَّمْتُ عَلَى الأَسَاتِذَةِ جَمِيْعِهِمْ | جَمِيْعُ |
Aku lihat para pelajar semuanya | رَأَيْتُ الطُّلَّابَ كُلَّهُمْ | كُلُّ |
Zaid dan umar keduanya adalah pelajar | زَيْدٌ وَ عَمْرٌو كِلَاهُمَا طَالِبَانِ | كِلَا / كِلَيْ |
Zaid menulis dua risalah yaitu keduanya. | كَتَبَ زَيْدٌ الرِسَالَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا | كِلْتَا / كِلْتَيْ |
Para pelajar semuanya berhasil | نَجَحَ الطُّلَّابُ أَجْمَعُوْنَ | أَجْمَعْوْنَ |
Catatan :
- Muakkad nya harus ma’rifat seperti pada contoh diatas, maka lafadzالأَمِيْرُ , الزَّوْجُ , الأَسَاتِذَةِ, الطُّلَّابَ , زَيْدٌ وَ عَمْرٌو semua ma’rifat.
- Lafadz نفس dan عين boleh menggunakan bentuk jama’ seperti :
جمع | مثنى | مفرد |
جَاءَ الطُّلَّابُ أَنْفُسُهُمْ | جَاءَ الطَّالِبَانِ أَنْفُسُهُمَا / نَفْسُهُمَا | جَاءَ الطَّالِبُ نَفْسُهُ |
جَاءَ الطُّلَّابُ أَعْيُنُهُمْ | جَاءَ الطَّالِبَانِ أَعْيُنُهُمَا / عَيْنُهُمَا | جَاءَ الطَّالِبُ عَيْنُهَا |
جَائَتِ الطَّالِبَاتُ أَنْفُسَهُنَّ | جَائَتِ الطَّالِبَتَانِ أَنْفُسُهُمَا / نَفْسُهُمَا | جَائَتِ الطَّالِبَةُ نَفْسُهَا |
جَائَتِ الطَّالِبَاتُ أَعْيُنُهُنَّ | جَائَتِ الطَّالِبَتَانِ أَعْيُنُهُمَا / عَيْنُهُمَا | جَائَتِ الطَّالِبَةُ عَيْنُهَا |
- Lafadz نفس , عين , جميع , كل , كِلَا , كِلْتَا semua harus di idhofahkan kepada
- Untuk kalimah كِلَا dan كِلْتَا harus di idhofahkan dengan هُمَا , dan i’rob كِلَا dan كِلْتَا seperti i’rob mutsanna di namakan sebagai mulhaq mutsanna ملحق المثنى contoh:
- جَاءَ الرَّجُلَانِ كِلَاهُمَا
- رَأَيْتُ الرَّجُلَيْنِ كِلَيْهِمَا
- مَرَرْتُ بِالرَّجُلَيْنِ كِلَيهِمَا
Catatan:
Jika kalimah كِلَا dan كِلْتَا di idhofah kan kepada kalimah yang dzahir, maka i’rob nya muqoddaroh, dihitung sebagai isim maqshur الاسم المقصور dan i‘robnya tidak menjadi taukid, melainkan di sesuaikan dengan kedudukan. Contohnya:
- جَاءَ كِلَا الرَّجُلَيْنِ كِلَا فاعل مرفوع بضمة مقدرة
- رَأَيْتُ كِلَا الرَّجُلَيْنِ كِلَا مَفعول به منصوب بفتحة مقدرة
- مَرَرْتُبِكِلَا الرَّجُلَيْنِ كلا مجرور بكسرة مقدرة
- Begitu juga dengan kalimah أَجْمَعْوْنَ di ikutkan kepada jamak mudzakkar salim atau mulhaq jama’ mudzakar salim ملحق بجمع المذكر السالم
- I’rob taukid mengikuti kepada muakkad nya baik rofa’ maupun nashob dan jar
- Kita dapat menambahkan taukid lebih dari satu, yaitu dengan menambahkan lafadz أَجْمَعُ setelah lafadz كُلُّ seperti contoh:
- جَاءَ الفَرِيْقُ كُلُّهُ أَجْمَعُ
- جَاءَتِ الأُسْرَةُ كُلُّهَا جَمْعَاءُ
- جَاءَ الطُّلَّابُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُوْنَ
- جَاءَتِ الطَّالِبَاتُ كُلُّهُنَّ جُمَعُ
Contoh ini ada di dalam Al-qur’an :
فَسَجَدَ المَلئِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُوْنَ ( الحجر : 30 )
- Boleh juga menggunakan lafadz أجمع tanpa didahului lafadz كل seperti :
جَاءَ الطُّلَّابُ أَجْمَعُوْنَ | · | جَاءَ الفَرِيْقُ أَجْمَعُ | · |
جَاءَتِ الطَّالِبَاتُ جُمَعُ | · | جَاءَتِ الأُسْرَةُ جَمْعَاءُ | · |
Penulis : Ustadz Ja’far Shiddiq (Wakil Mudir Pesantren MAQI)
keyennnnnn
Hatur nuhun