Kata yang Fasih dan Pembicara yang Fasih

Bagikan artikel ini :

Bab 1 : Kata Yang Fasih dan Pembicara Yang Fasih

Sebuah kata bisa disebut sebagai kata yang fasih apabila  selamat dari tiga cacat yaitu :

  1. Tanaafurul Huruf [تنافُر الحروف]
  2. Gharabatul Isti’mal [غرابة الاستعمال]
  3. Mukhalafatul Qiyaas [مخالفة القياس]

Dan pembicara yang mampu untuk melakukan hal tersebut disebut dengan pembicara yang fasih.

 

PENJELASAN

Fashahah adalah terang dan jelas, seperti pada contoh :

أَفْصَحَ الصُّبْحُ
Shubuh ini telah terang.

Adapun fashahah dalam istilah para ahli balaghah adalah : Jelasnya suatu lafadz dengan selamat dari kecacatan. Dan di antara kecacatannya adalah sebagai berikut :

  1. Tanaafurul Huruf [تنافُر الحروف]

Yang dimaksud tanaafurul huruf yaitu karakter kata yang sulit atau berat saat didengar dan sulit juga saat diucapkan dengan lisan dikarenakan oleh huruf-huruf dalam kata tersebut yang makhorijul hurufnya terlalu berdekatan. seperti pada kata (هُعْخُعْ) pada perkatan sebagian orang arab pedalaman

تَرَكْتُ نَاقَتِيْ تَرْعَى الْهُعْخُعَ
Aku meninggalkan untaku memakan Hu’khu’[1] (rumput)

 

  1. Gharabatul Isti’mal [غرابة الاستعمال]

Yaitu sebuah kata yang maknanya sama sekali tidak jelas dan sama sekali tidak digunakan oleh sebagian besar orang Arab yang fashih, sehingga sangat membingungkan orang yang mendengar.

Contohnya adalah perkataan Ru’bah Bin Al-‘Ajjaaj

وَفَاحِمًا وَمَرْسَنًا مُسَرَّجًا

Maka tidak dapat diketahui apa yang dimaksud dengan kata ‘مُــسَــرَّجًــا’ pada sya’ir di atas sampai-sampai para ahli bahasa pun berbeda pendapat dalam mengartikannya.

Ibnu Duraid berpendapat: yang dimaksud dengan ‘مُــسَــرَّجًــا’ pada bait di atas adalah bahwa ‘hidungnya ada di katulistiwa’ dan bisa juga artinya adalah ‘tebasan, seperti halnya tebasan pedang yang berkilau’ adapun Ibnu Siidah berpendapat: bahwa kata tersebut maksudnya adalah ‘ia dalam kilauan dan sinar seperti obor/penerang’. maka dari itu yang mendengarkan kata ‘مُــسَــرَّجًــا’ ini jadi bingung karena terdapat banyak makna yang lebih dari satu yang mana tidak nyambung dengan kalimat yang diucapkan.

Contoh lainnya adalah perkataan Abul Hamaisa’

مِنْ طَمْحَةٍ صَبِيْرُهَا جَخْلَنْجَعْ

Pengarang Kamus Al-Muhith Fairuzabadi (الفيروزآبادي‎) berkata : Mareka menyebutkannya (جخلنجع) akan tetapi tidak menafsirkannya. Mereka berkata : Adalah Abul Hamaisa’ ini dari bangsa Arab Madyan dan hampir saja kita tidak memahami perkataannya. Adapun permasalahan dalam hal ini adalah relatif, terkadang satu kata termasuk ke dalam kata yang asing pada satu kaum dan tidak asing pada kaum yang lain.

  1. Mukhalafatul Qiyaas [مخالفة القياس]

Yaitu suatu kata yang tidak mengikuti kaidah-kaidah penulisan kata yang benar sesuai ilmu sharaf yang diambil diucapan-ucapan orang-orang Arab, jadi kata tersebut sangat berlawanan atau bersebrangan dengan kaidah sharaf yang ada, contohnya adalah perkataan Abu An-Najm :

الـــحَــمْـــدُ لــلَّــهِ الــعَــلِــيِّ الأجْــلَــلِ        الـــوَاحِــدِ الــفَــرْدِ القَــدِيــمِ الأوَّلِ

Kata الأجْــلَــلِ pada sya’ir di atas sangat tidak mengikuti kaidah penulisan ilmu sharaf, karena seharusnya kata tersebut huruf jim nya berharakat fathah dan dua huruf lam harus digabung/diidghomkan dengan tasydid menjadi ‘الأَجَلُّ’.

Contoh yang lainnya adalah perkataan orang-orang pada hari ini dengan menjamak kata (مُدِيْرٌ) menjadi (مُدَرَاء) padahal qiyas yang seharusnya adalah (مُدِيْرِيْنَ/مُدِيْرُوْنَ). Maka kalimat ini dan yang semisalnya apabila ada dalam perkataan siapapun bisa kita katakan sabagai : Kata yang tidak fasih.

Sumber penulisan : Kitab Al-Balaghatul Muyassarah Halaman 11-12, dengan penambahan dari berbagai sumber.

Penerjemah: Ustadz Kurnia Lirahmat (Musyrif Aam Pesantren MAQI)

[1] Hu’khu’ adalah sejenis rumput yang dimakan unta, dan yang dimaksud dengan tanafur (ketidak selarasan) huruf di sini adalah berdesak-desakannya sehingga bahwa setiap huruf tersebut seperti ingin berlari dari tempatnya.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger