Fiqih

Muqoddimah Asy-Syarhul Mukhtashor li Bidayah Al-Mutafaqqih

Muqoddimah Asy-Syarhul Mukhtashor li Bidayah Al-Mutafaqqih

Segala puji bagi Alloh yang telah mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. Dan karuniaNya atas manusia sungguh besar. Sholawat serta salam atas rosul kita yang agung, juga atas keluarganya, dan untuk seluruh sahabatnya. Wa ba’du,

Saya beri kalian kabar gembira  wahai mujahid ilmu, dengan kabar yang paling baik, kabar gembiranya adalah bahwa ternyata Alloh menghendaki untuk kalian kebaikan..

Rosul mulia kita telah bersabda

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

Apabila Alloh menghendaki kebaikan untuk seseorang, maka Alloh fahamkan dia dalam urusan agama.

Pun berkata as-salaf

من أراد النجاة حقا فليلزم طريق التفقه في الدين.

Siapa saja yang menginginkan kesuksesan yang sesungguhnya, maka hendaklah dia mengambil jalan tafaqquh fiddin

Dan jalan yang saya maksud ini, yaitu jalan tafaqquh fiddin adalah penjagaan paling baik untuk fitnah dunia, dan sebaik baiknya pertolongan dan penjagaan dari adzab dan api neraka.

Kitab ini, siapa saja yang mempelajarinya dan memahaminya dengan pemahaman yang baik, maka pasti akan mendapat banyak manfaat. Diantaranya :

Faidah pertama; akan mendapatkan manfaat dengan penerapan dan mengamalkan apa yang terkandung padanya.

Faidah kedua; dengan mempelajarinya, akan menghilangkan kejahilan dalam hal ibadah, muamalah, hukum-hukum kekeluargaan, jinayat, dan yang lainnya yang berkaitan.

Faidah ketiga; apabila kita menyerukan atas dasar keilmuan  apa yang ada padanya, maka kelak pada hari kiamat kita akan bergabung dengan para da’i dan ‘ulama.

Faidah keempat;kitab ini memudahkan para penuntut ilmu metode mempelajari fiqih.

Dan saya telah membuat buku ini dalam bentuk yang ringkas, dengan mencukupkan hanya dengan menyebutkan satu atau dua dalil atas setiap masalah fiqih, sehingga akan memudahkan penuntut ilmu untuk menghafal dan mempelajarinya, terkhusus pemula.

Dan terakhir. Aku meminta kepada Alloh yang mulia agar memfaqihkan kita semua dalam agama ini, dan melapangkan dada kita semua dengan menerima al-haq, dan agar Alloh mengisi hati kita dengan keimanan dan hikmah dan agar alloh senantiasa menetapkan hati kita pada agamanya sampai kita,bertemu denganNya.

Hanya ini, dan saya berharap agar Alloh menjadikan amalan ini sebagai amalan yang murni untuk mengharap ridhiNya, juga meridhoi setiap unsur yang membantu menyebarkan juga menterjemahkan karya ini.

Juga saya meminta kepada Alloh agar mengampuni kelalaian kita, yang disengaja ataupun tidak, juga untuk orang tua kita dan seluruh muslimin.

Sholawat dan salam dan juga keberkahan atas nabi Muhammad dan atas keluarga juga sahabatnya.

Penulis: Syeikh Kholid ibn Mahmud al-Juhaniy

2 robiul awwwal 1440 H

Mutarjim: Ustadz Nur Falah (Staff Pengajar Pesantren MAQI)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisment ad adsense adlogger