Kepemimpinan

Bagikan artikel ini :

ABSTRACT

In an organization, of course there is a leader. Like a body, it is the head. The person who becomes the head is called the leader. Leadership is about influencing other people, subordinates or followers to want to achieve the goals the leader wants.

ABSTRAK

Dalam suatu organisasi, tentulah ada yang memimpin. Ibarat sebuah badan ia adalah kepalanya. Orang yang menjadi kepala inilah yang disebut pemimpin. kepemimpinan adalah tentang bagaimana mempengaruhi orang lain, bawahan atau pengikut agar mau mencapai tujuan yang diinginkan sang pemimpin.

 

PENDAHULUAN

Kepemimpinan merupakan bagian paling penting dari suatu keberhasilan dari tujuan yang di capai, tetapi peran utama kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Kerjasama dan tolong menolong  muncul bersama-sama dengan adanya manusia. Kerjasama itu  muncul di  kehidupan sosial masyarakat atau kelompok-kelompok manusia dalam  rangka untuk  menyelesaikan  permasalahan bersama. Kerjasama dalam suatu kelompok manusia akan berjalan secara efektif.apabila ada  yang  mempunyai  kemampuan  untuk  mengatur  kelompok  tersebut. Anggota kelompok yang dapat mengatur kelompoknya, pasti mempunyai kekuatan (power) yang lebih dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya. Sekanjutnya anggota kelompok yang mempu mengatur kelompoknya disebut sebagai pemimpin.

 

 

PEMBAHASAN

  1. Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan (Leadership) merupakan salah satu yang sangat vital bagi terlaksananya fungsi-fungsi manajemen. Pengertian umum pendidikan adalah kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerahkan, dan kalau perlu memaksa orang atau kelompok agar menerima pengaruh tersebut dan selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu tercapainya suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan.

Menurut Ralp M. Stogdill, kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan kelompok yang diorganisis menuju kepada penentuan dan pencapaian tujuan. Sondang P. Siagian, kepemimpinan merupakan motor atau daya penggerak dari pada semua sumber-sumber, dan alat yang tersedia bagi suatu organisasi. Mardjinsyam (1966) mengartikan kepemimpinan sebagai keseluruhan tindakan guna mempengaruhi serta mengingatkan orang, dalam usaha bersama untuk mencapai tujuan, atau dengan definisi yang lebih lengkap dapat dikatakan bahwa kepemimpinan adalah proses pemberian jalan yang mudah dari pada pekerjaan orang lain yang terorganisir dalam organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

KESIMPULAN

Kepemimpinan pendidikan sebagai satu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinir dan menggerakkan orang-orang lain yang ada hubungan dengan pengembangan ilmu pendidikan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, agar supaya kegiatan-kegiatan yang dijalankan dapat lebih efisien dan efektif di dalam pencapaian tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran.

 

Penulis : Munjiah Kamilah

(Mahasiswi STEI SEBI)

Facebook Comments

Pesantren MAQI

Lembaga Bahasa Arab dan Studi Islam

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisment ad adsense adlogger