Ciri – Ciri Penghuni Surga yang Lagi Jalan-Jalan Ke Dunia

Bagikan artikel ini :

Surga merupakan tempat yang Allah SWT janjikan dan di dalamnya terdapat berbagai kenikmatan dan kenyamanan yang belum pernah dirasakan manusia selama hidup didunia.

Allah SWT berfirman:

أصْحَٰبُ ٱلْجَنَّةِ يَوْمَئِذٍ خَيْرٌ مُّسْتَقَرًّا وَأَحْسَنُ مَقِيلًا

 “Penghuni-penghuni surga pada hari itu paling baik tempat tinggalnya dan paling indah tempat istirahatnya.” (QS Al-Furqan [25]: 24)

Tentu saja surga ini tempat yang diidamkan oleh manusia.  Sekalipun oleh manusia yang sering melakukan maksiat, jauh dilubuk hatinya ia pun ingin tempat kembalinya adalah surga.

Namun, surga tidak bisa dimasuki oleh setiap orang begitu saja. Ia punya kriteria dan syarat khusus untuk bisa menikmatinya. Setidaknya bekal yang dibutuhkan dianggap cukup oleh Allah Subhanahu Wata’ala untuk mendapat izin masuk ke dalam surga.

Dalam kehidupan di dunia  ini kita tidak pernah luput dari peraturan dan semua peraturan pasti datang  dari pemilik kebijakan sedangkan syurga adalah milik Allah Ta’la maka untuk masuk kedalam syurga semuanya wajib mengikuti peraturan yang telah di tetakan oleh sang kholiq, tapi karena kemaha  baikannya  di utuslah rasul untuk menjadi contoh dan panutan bagi yang ingin masuk kedalam syurga.

Allah meberikan cirinya dalam Al-Qur’an Surat Ali ‘Imran Ayat 17 :

ٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْمُنفِقِينَ وَٱلْمُسْتَغْفِرِينَ بِٱلْأَسْح

(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur”.

Dan dalam ayat lain Allah berfirman :

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar”. (QS. Adz-Dzariyat : 18)

Dari dua ayat ini dapat di simpulkan bahwa ciri-ciri ahli syurga adalah penyabar, yang jujur, yang taat, yang rajin infak di jalan Allah dan puncaknya adalah mereka yang memohon ampun di waktu sahur yaitu waktu sepertiga malam terakhir karena pada waktu itulah orang biasa lengah dan tidur nyenyak. Dapat diduga, inilah yang membuat waktu sahur memiliki keutamaan untuk memohon ampun.

Maka apabila ada manusia yang sudah mengumpulkan semua jenis ibadah tersebut sesungguhnya itu adalah penghuni syurga yang sedang jalan-jalan ke dunia.

Semoga kita tergolong penghuni syurga.

aamiin

Penulis : Ustadz Faisal Alhabsyi (Bidang Kurikulum dan Akademik Pesantren MAQI)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisment ad adsense adlogger