“Madesu”, Muda Beriman Subhanallah..

Bagikan artikel ini :

 

“Darah muda, darahnya para remaja” lirik lagu ini pastinya sudah gak asing lagi di telinga kita bukan? Yah siapa lagi kalo bukan bang Rhoma irama penciptanya.

Tapi kali ini saya gak bakalan ngebahas tentang sosok populer ini lho!, kali ini saya cuman bakal ngebahas masalah kesuksesan yang jadi ambisi hidup anak muda zaman sekarang, jadi apa sih ambisi sukses mereka” muda hura hura, tua kaya raya, mati masuk syurga” helloo…apa ini jawabannya? Bukan..! Mimpi kalle hahaa..

Ambisi yang benernya ini “ muda istiqomah, tua tetap rajin ibadah, mati masuk jannah”, tapi bukan ini juga yang pengen ane bahas, sorry ya.. pembahasan ini insyaallah akan ditulis di artikel selanjutnya..

Nah kali ini saya cuman pengen memberikan kunci-kunci kesuksesan buat kaula muda yang ingin mendapatkan kesuksesannya dengan cara yang islami, soalnya pada zaman sekarang ini masih banyak banget pemikiran-pemikiran matrealistis yang sengaja disusupi kedalam pemikiran para pemuda islam khususnya, agar pengertian kesuksesan itu menjadi keluar dari hakikatnya.

Contohnya, kalo kesuksesan itu dilihat dari harta, tahta dan wanita, sebagai mana manyimpangkan makna lelaki sejati itu menjadi lelaki yang kesehariannya merokok (salah kaprah.com)

Oke langsung saja, kunci kesuksesan itu ada lima :

  • Kuat Iman atau Keyakinan Kepada Allah
    Maksudnya, dalam kehidupan seorang muslim, mengerjakan sholat merupakan sebuah kewajiban yang harus di laksanakan. Karena sholat bukan hanya sebatas gerakan tubuh biasa, melainkan suatu ritual ibadah yang menghubungkan ikatan antara seorang hamba dengan Penciptanya. dengan kata lain, bahwa kesuksesan manusia tergantung pada keyakinannya pada Dzat Yang Memberi Kesuksesan itu sendiri, karena bagaimana pun tak ada satu kesuksesan didunia ini yang terjadi begitu saja tanpa kehendakNya. Jadi, seberapa besar keimanan kita kepada Allah, demi meraih kesuksesan yang ingin kita raih..?

 

  • Memiliki Cita-cita Yang Besar
    Seorang penyair arab berkata “Nilai seseorang itu tidak dilihat dari jabatannya, tapi dari besarnya cita-cita”, oleh sebab itu, semakin kamu mengejar cita-cita yang besar maka akan datang pula tantang yang lebih besar, sebagaimana kata Paman Ben dalam cerita fiksi Spiderman “semakin besar kekuatan, semakin besar pula tanggung jawab”. Dengan bermimpi besar bukan berarti orang itu akan membesar sebagaimana angan-angannya, bercerita pada orang lain bahwa dia memiliki mimpi untuk menjadi seorang presiden, professor dan dokter gak mungkin bisa tercapai kalo tidak di barengi dengan usaha yang sepadan dengan mimpinya itu

 

  • Memiliki keinginan besar
    Sebagian para pembaca mungkin sudah tahu, kisah perjuangan penaklukan Konstantinovel yang dilakukan oleh penglima besar islam Muhammad Al-Fatih. Singkat cerita, panglima ini memiliki keinginan besar untuk menaklukkan kota yang tak pernak bisa ditaklukkan oleh para khalifah sebelumnya, karena kekokohan benteng itu terkenal dari masa kemasa. setelah beliau mendengar riwayat tentang kabar gembira yang disampaikan rasulullah, bahwa akan ada seorang panglima yang dicintai oleh Allah, dia dapat menakukkan kota yang terkenal akan pertahanannya yaitu konstantinovel. Dan akhirnya perjuangan panglima bersama seluruh tentaranya dapat membuahkan hasil, setelah sekian bulan bertahan dalam kondisi yang tertekan. Ibrahnya adalah bahwa andai kata sang panglima hanya memiliki keinginan biasa tanpa ada tujuan kuat untuk menaklukkan kota itu, niscaya tidak akan mampu menaklukkan kota itu. Untuk itu, kuatkan tekadmu dan keinginanmu untuk mendapatkan kesuksesan.

 

  • Memiliki kepribadian kuat
    Ketika kekuatan iman sudah terbentuk, lalu mimpi telah tergambar didepan mata dan keinginan kuat sudah ada sejak lahir, maka kita bentuk kepribadian kita menjadi seorang berpribadi kuat. Tidak ragu dalam memilih keputusan yang benar, percaya diri, berpengaruh pada orang-orang disekitarnya dengan pengaruh yang baik, tidak dipengaruhi oleh lingkungan yang buruk. Laksana seokar ikan didalam lautan yang dalam, tak terpengaruh oleh asinnya air laut.

 

  • Perencanaan yang matang
    Karena ketika terjun dilapangan, semua itu tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada perencanaan yang matang. Apabila didalam mengejar kesuksesan itu dilakukan dengan penuh ketergesa-gesaan, maka hasil yang dicapai malah menjadi rasa sakit dan putus asa, merasa mustahil untuk bisa diraih (pesimis). Didalam perencanaan, kita harus membuat beberapa rencana, hingga manakala rencana pertama yang kita buat itu gagal, maka rencana kedua dapat mendorong kita untuk terus maju dan optimis.

Kesimpulannya, apabila sahabat pena sudah memiliki kelima kunci ini maka jangan pernah putus asa untuk terus mencoba. Kejarlah kesuksesan dan terus meminta pada Allah, mudah-mudahan Allah mengabulkan. Aamiiin…….

Penulis : Ustadz A. Muslim Nurdin, S.Pd (Mudir Pesantren MAQI)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger