Kunci Agar Do’a di Kabulkan

Bagikan artikel ini :

Kesuksesan dan keberhasilan merupakan suatu capaian yang pasti diinginkan oleh setiap individu, karena manusia merupakan makhluq yang tidak dapat mewujudkan setiap keinginannya melainkan harus melewati setiap proses yang panjang.

Tak ada satu pun makhluq yang dapat mewujudkan keinginannya hanya dengan  mengatakan “simsalabim” dan langsung terwujud begitu saja. Yang demikian itu merupakan khayalan dan angan-angan logika manusia yang takan pernah terwujud.

Bagi seorang muslim, keinginan akan hal-hal duniawi merupakan hal yang mubah, boleh dilakukan, namun dengan tuntunan yang diajarkan oleh agama islam, yaitu menyandarkan akan setiap hasilnya menurut kehendak Allah.

Selain dari pada (tawakkal) menyandarkan diri pada Allah atas setiap urusan, ajaran islam juga mengajarkan umatnya untuk selalu berdo’a demi menggapai keinginan, karena do’a merupakan wasilah terdekat antara hubungan hamba dengan Rabbnya. Karena tiada daya dan upaya kecuali hanya milik Allah subahanahu wa ta’ala, didalam Al Qur’an Allah ta’ala berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”(Al-Baqarah: 186)

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah akan memberikan Allah kepada para hamba-Nya untuk bermunajat dalam do’a mereka, dengan syarat agar mentaati segala perintahNya dan menjauhi laranganNya.

Jelasnya bahwa apabila seseorang ingin setiap do’anya dikabulkan oleh Allah, maka  hendanya dia mengimani setiap risalah yang Rasulullah sampaikan dan menjaga sunnah-sunnahnya, kemudian dia hendanya pula mengamalkan setiap perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Wallahu A’lam

Penulis : Ustadz A. Muslim Nurdin, S.Pd (Mudir Pesantren MAQI)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger