Sirah

Kaum-kaum Bangsa Arab

 

Menilik sejarah awal dari manusia yang menempati jaziirah arab, para ahli sejarah menyebutkan bahwa asal muasalnya dibagi kepada tiga kelompok, yaitu :

a. Arab Ba’idah

mereka adalah orang arab generasi awal yang menempati jaziirah arab tempo dulu, dan hari ini tidak kita temukan keturunannya. (sebagian besar diceritakan di dalam al-Quran) seperti kaum ‘Ad, Tsamud, Thasm, Judas, ‘Amlaq, Umaim, Jurhum, Hadlur, Wabar, ‘Abil, Jasim, Hadramaut, dan kaum-kaum lainnya.

b. Arab ‘Aribah

Yasjub bin Ya’rub bin Qahthan lah yang menjadi nenek moyang mereka. Orang yang menjadi cikal bakal adanya kelompok  arab yang disebut arab aribah. Mereka disebut dengan Arab Qahthaniyyah.

Mereka berasal dari arah selatan jaziirah arab. Dua suku yang terkenal adalah Himyar bin Saba’ dan Kahlan bin Saba’. Sisa dari keturunan bani Saba berjumlah sebelas atau empat belas suku, mereka disebut dengan istilah as-Sabaiyyun. Mereka tidak memiliki kabilah, kecuali Saba’ saja, sedangkan dua kabilah yang terkenal tadi sil- silahnya antara lain:

1) Himyar bin Saba’

Di antara keturunannya yang terkenal, adalah Qudla’ah. As-Sakasik. Zaid al-Jumhur,

2) Kahlan Bin Saba’

Di antara keturunannya, yakni Hamdan, Alhan, Asyghar, Tha’i, Madzhij (darinya lahir ‘Anas dan Nakh’i), Lakhm (darinya lahir Kindah. dari Kindah lahir keturunan Mu’awiyyah, Sakun dan as-Sakasik), Judam, Khaulan, Mu’afir, Anmar (darinya lahir: Khats’am, Bajilah darinya lahir Ahmas), al-Azdu (darinya lahir al-Aus, al-Khazraj, Khujka’ah, keturunan Jafnah raja Syam yang dikenal dengan Ahli Ghassan).

Setelah membaca ini, kita akan tahu bahwa orang anshor adalah keturunan arab ‘aribah, orang arab yang asalnya dari yaman.

Keturunan Kahlan melakukan hijrah dari, mereka berpindah setelah bencana banjir besar (sailul ‘arim dari bendungan ma’rib) yang menghancurkan tanaman dan ternak mereka. Dan mereka merugi dalam perniagaannya sehingga mereka kehilangan sumber kehidupan. Hal ini diterangkan dalam al-Quran, pada surah Saba’ ayat 15-19:

c. Arab Musta’ribah

Mereka adalah kaum-kaum yang berasal dari keturunan Ismail a.s.. Mereka disebut dengan Arab ‘Adnaniyyah. Mereka adalah keturunan dari nabi Ibrahim A.s. yang berasal dari irak, tepatnya di daerah bernama Ar.

 

Penulis: Ustadz Nur Falah (Staff Pengajar Pesantren MAQI)

Sumber : terjemah rohiqul makhtum.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Advertisment ad adsense adlogger