Taswiah Barisan dalam Shalat

Bagikan artikel ini :

Taswiah Barisan dalam Shalat

عَنْ أَنَسِ ابْنِ مَالِكٍ -رضي الله عنه- قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ -صلى الله عليه و سلم- سَوُّوْا صُفُوْفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوْفِ مِنْ تَمَامِ الصَّلَاةِ (أخرجه البخاري. رقم1100 )

Dari Anas Ibn Malik r.a beliau berkata: Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda “samakanlah saf-saf kalian karena sesungguhnya kesamaan dalam shalat merupakan bagian dari kesempurnaan shalat” (di keluarkan oleh bukhari. No 1100)

Rasullah sallallahu ‘alaihi wa sallam membimbing umatnya kepada kebenaran dan kesuksesan. Dalam konteks ini, Nabi memerintahkan kepada ummatnya untuk menyamakan dalam barisan (rapih) dengan ciri hanya menghadap kiblat dan merapatkan barisan sampai tidak ada celah diantara mereka dalam shalat. Sehingga syaithan tidak ada jalan baginya untuk mempermainkan shalat mereka.

Hikmah merapatkan dan merapihkan saf adalah kesesuaian dengan saf para malaikat, hal itu termuat dalam hadits “suatu ketika nabi bertanya kepada para sahabat maukah saya tunjukan bagaimana kalian seharusnya bersaf sebagaimana safnya para malaikat disisi tuhannya? Para sahabat bertanya: wahai rasul bagaimana para malaikat bersaf disisi tuhan mereka? Nabi pun menjawab: mereka menyempurnakan saf-saf mereka dan saling merepatkan diantara mereka.

Penulis : Ustadz Wildan Risalat (Staff Pengajar Pesantren MAQI)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
Advertisment ad adsense adlogger